Cara Memperbaiki Hardisk dan Flashdisk Tidak Terbaca dan Format

Cara memperbaiki Hardisk External yang tidak terdeteksi di komputer Laptop

Pernahkah flashdisk atau hardisk eksternal kamu saat di colok ke komputer muncul pesan minta format? Hal ini pernah saya alami bulan kemarin, januari.

Jadi ceritanya ketika itu Flashdisk serta Hardisk Eksternal saya buat tukar data laporan dengan teman, namun saat dicolok Flashdisk dan Hardisk Eksternal saya tidak terbaca (hari yang sial).

Karena saya terburu-buru saya colok dan pasang kembali namun hasilnya lebih parah. Saya mendapatkan pesan minta format (format disk) yang kurang lebih berisikan, "you need to format the disk in drive: before you can use it"

Dari sekian artikel yang saya cari di google cuma satu artikel saja yang berhasil digunakan di hardisk external maupun flashdisk saya.

Mumpung saya lihat di facebook banyak juga yang mengalami tidak terdeteksi di komputer ataupun laptop, jadi saya ingin membagi pengalaman saya untuk mengatasi hal ini.  jadi pada kesempatan ini saya ingin berbagi cara mengatasi hal tersebut. ok berikut ini adalah caranya simak baik baik yah....

Cara ini bekerja di semua OS windows; Windows XP, Windows 7 , Windows 8, Windows 8.1

Tutorial


  1. Buka CMD dengan cara tekan tombol logo windows+R di keyboard
  2. Lalu ketikan CMD
  3. Setelah masuk, masukan perintah chkdsk /f E: (Lihat gambar)


Cara memperbaiki Hardisk External yang tidak terdeteksi di komputer Laptop cara 2


Note : E: tempat disk hardisk external atau flashdisk kalian karena hardisk external saya berada disk E jadi saya menggunakan kata perintah E:


  1. Terakhir tekan tombol Enter dan tunggu beberapa saat


Cara memperbaiki Hardisk External yang tidak terdeteksi di komputer Laptop cara 3


Tujuan di atas adalah untuk mengecek atau memverifikasi data yang terdapat pada Hardisk

Keterangan

- chkdsk -> mengecek atau memverifikasi data
- /f -> Melakukan pengecekan secara menyeluruh dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang ditemukan.
- E: -> Tempat Disk

Selengkapnya : http://id.wikipedia.org/wiki/CHKDSK

Setelah kamu berhasil dengan cara di atas sebaiknya kamu juga memasang antivirus portable di flashdisk ataupun di hardisk eksternal untuk mengatisipasi kejadian "format Hardisk".

Semoga cara ini bekerja di Hardisk external kalian....

Referensi : http://www.betikom.com/2016/09/memperbaiki-hardisk-eksternal.html