Kegunaan Kode CRC pada video rilisan fansub

Kegunaan Kode CRC pada video rilisan fansub

 Apa sih CRC itu?

Dikutip dari wikipedia, CRC adalah algoritma untuk memastikan integritas data dan mengecek kesalahan pada suatu data yang akan ditransmisikan atau disimpan. Setiap fansub besar seperti horriblesubs, comics, awsub, oploverz, lulusubs, aiasubs, jalsubs, dan lain lain mereka menanamkan kode CRC nya di setiap video yang mereka rilis biasanya kode crc ini ada 8 digit angka dan huruf.

Dimanakah letak kode CRC video rilisian fansub?

Letak kode CRC itu biasanya di akhir setelah nama anime atau bisa juga di setelah dari ukuran video, Contohnya di bawah ini.

Kegunaan Kode CRC pada video rilisan fansub


Lihatlah di atas, pertama-tama text dari video rilisian fansub adalah nama fansub lalu diikuti dengan judul anime lalu ukuran video setelah itu baru ditanamkan kode CRC, mungkin 40 dari 100 orang mereka tidak tahu apa kegunaan dan fungsi tulisan tersebut, yang sangat disayangkan lagi mereka menghapus kode tersebut setelah selesai download padahal fungsi kode CRC ini sangat bermanfaat sekali buat kita.

Kode CRC itu tidak sembarangan di ketik begitu saja... yang saya tahu kode CRC itu harus kita tulis dengan menghitung (Jika kamu merasa anak IT pasti pandai dengan yang satu ini) namun karena biasanya orang yang menjalani didunia perfansubber rata ratanya bukan anak IT jadi di artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara para fansubber menanamkan kode CRC tanpa harus berhitung. Para fansubber biasanya menanamkan kode CRC melalui software Animechecker, saya mengetahui software ini karena waktu itu ada yang share di grup anime.

Apa itu Animecheker?

Animechecker adalah software yang digunakan untuk menghitung CRC32 dalam file kamu, Anime Checker akan menghitung nilai CRC dari file dan membandingkannya dengan nilai CRC yang diberikan. Jika itu sama, maka filenya tidak ada masalah (Baik baik saja), namun jika tidak sama file tersebut mungkin rusak atau tidak lengkap.

Cara menanamkan dan memeriksa CRC

1. Download software anime checker

Download

animechecker.sourceforge.net

2. Setelah itu bukalah softwarenya, lalu masukan video yang sudah kamu download ke dalam Animechecker

Cara menanamkan dan memeriksa kode CRC


3. Tunggu proses pengecekan, jika filenya tidak rusak nanti ada bacaan file OK
4. Selesai ^_^

Catatan : Jika file anime nya tidak ada kode CRC nya, mintalah kepada uploader dari fansub yang terkait dalam video yang kamu download.

Untuk menambakan kode CRC caranya seperti ini,

1. Download Software Animechecker
2. Setelah itu bukalah softwarenya, lalu masukan video yang belum ada kode CRCnya ke dalam Animechecker
3. Tunggu proses pengecekan, nanti akan terlihat tulisan CRC not found.
4. Disamping tulisan CRC not found terdapat kode CRC, Copy dan paste lah kode tersebut ke video yang sebelumnya belum ada kode CRC, caranya klik kanan -> Copy CRC32 (Lihat dibawah)

Kegunaan Kode CRC pada video rilisan fansub


Catatan : Ketika ingin mengcopy pastelan kode CRC jangan tutup software animechecker karena jika ditutup kode CRC yang tadinya kamu Copy tidak akan ter-paste ke dalam video, jadi ketika kamu copy kamu tidak boleh menutup software animechecker.

Intinya

CRC itu bermanfaat buat kita, kita bisa mengecek video melalui CRC. Untuk mengecek CRC diperlukannya Animechecker. Selain untuk mengecek Animechecker juga bisa menghitung CRC32 dan menambahkannya jika memang itu belum ditambahkan oleh fansub, jadi misalkan kamu ingin upload video segeralah tambahkan kode CRC melalui AnimeChecker agar para downloader bisa mengecek apakah kode file nya sama dengan file download.

Itulah hal yang saya ketahui mengenai kode CRC ini jika ada kesalahan atau ingin menanyakan sesuatu tentang kode CRC silahkan berkomentarlah di bawah ini.
"Ingat... jangan malu bertanya"

Referensi :
7zuga.blogspot.com
Wikipedia